Kamis, 27 Desember 2012

TBM RSUD Pringsewu Resmi Dibuka

Penyerahan secara simbolis sebuah buku dari STMIK Pringsewu, Nur Aminudin, MTI kepada Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Drs. Sumedi
DSC01919

PRINGSEWU - Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Ruang Publik RSUD Pringsewu, Sabtu (1/12) dijadwalkan resmi dibuka oleh perwakilan Dirjen PAUDNI, Drs. Nasmawi.


Ketua pelaksana kegiatan, Sumedi, S.Pd., mengatakan, sebelum peresmian Jumat (30/11) dilaksanakan berbagai lomba yang diikuti oleh ratusan anak-anak PAUD di Kabupaten Pringsewu. "TBM dibawah naungan pusat kegiatan belajar masyarakat Abu Hafidz di Ambarawa mengisi rangkaian peresmian menggelar beberapa lomba. Yakni lomba mewarnai, lomba baca puisi dan puzzle, yang telah kami sediakan piala,” kata Sumedi.
Lomba yang diadakan di Aula Kampus STMIK Pringsewu tersebut, selain memeriahkan peresmian TBM ruang publik RSUD juga dalam rangka menumbuhkan, mengasah dan mengelolah dan kreativitas anak dengan keterampilan mewarnai, puzzle dan baca puisi. Untuk itu, diharapkan anak-anak terus belajar agar lebih terasah dan pintar.
"Akan lebih bagus lagi, jika keperluan anak-anak dalam mengembangkan bakatnya di akomodir, sehingga kedepanya mampu mernbawa mana yang lebih baik untuk mereka,” pungkasnya.
Kemudian, kata Sumedi, hari ini (Sabtu, red) puluhan pustakawan baik itu di SD, SMP dan SMA yang telah memiliki perpustakaan akan mengikuti seminar nasional dengan materi peranan perpustakaan TBM dalam membentuk karakter siswa dan masya¬rakat. "Seminar ini akan diadakan mulai dari tanggal 1-3 Desember 2012 bertempat di Aula Kampus STMIK Pringsewu, ini akan kami siapkan TBM kreatif tingkat nasional," ujar dia.
Ditambahkan Sumedi, keberadaan TBM di Kabupaten Pringsewu merupakan satu-satunya di Lampung. Yang berawal dari melihat masyarakat Pringsewu enggan membaca buku. Padahal kunci keberhasilan membaca buku adalah kesuksesan bagi insan.
“Alhamdulillah setelah dibuka TBM di RSUD ini minat baca “masyarakat cukup berkembang. Baik yang menunggu dan membesuk di RSUD mereka banyak yang datang menyempatkan diri untuk membaca di sini,” ujar dia.
Ia berharap setelah diresmikannya TBM ruang publik masyarakat Pringsewu bisa meningkatkan keinginan membaca masyarakat. Buku-buku yang disediakan mulai dari buku bacaan PAUD sampai perguruan tinggi dan juga masyarakat umum.
Sementara, Direktur RSUD Pringsewu, dr. Djohan Lius juga merespon baik adanya TBM ruang publik di lokasi RSUD, "Ini sebagai bentuk perhatian dari ketua TBM untuk meningkatkan kecerdasan masyarakat dengan metode membaca,” singkatnya.
Terpisah, pengawas sekolah pada Dinas Pendidikan, Kebudayaan dan Pariwisata (Disdikbudpar) Kabupaten Pringsewu, sekaligus juri kegiatan lomba, Yuli Septikawati, M.M., mengatakan, sangat mendukung dan senang dengan gaya model lomba tersebut. Selain diajak bermain juga bisa mendulang prestasi dalam dunia melukis dan mewarnai, kalau anak-anak seperti ini bisa cepat pintar.
Acara berlangsung dengan sederhana dan para orang tua siswa setia menyaksikan anak-anaknya mengikuti lomba. Hadir juri lainnya, Munfiyatun, S.E., dan Mudalina. (bet) Source : Radar Tanggamus (1/12)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar